Pasar Monopoli : Pengertian, Ciri – Ciri, Dan Contohnya [TERLENGKAP 2019]

Hallo sahabat Sejuta Informasi Kita, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pasar Monopoli : Pengertian, Ciri – Ciri, Dan Contohnya [TERLENGKAP 2019], kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel GENERAL, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Pasar Monopoli
Pasar Monopoli
Pasar Monopoli – Dalam kehidupan sehari – hari banyak sekali ditemukan yang namanya Pasar Monopoli, tetapi ada sebagian orang yang masih belum mengerti apa itu pasar monopoli. Secara umum Pasar Monopoli adalah sebuah pasar yang ada satu orang penjual produk dan produk yang dijual tersebut tidak ada penggantinya.

Dalam ilmu ekonomi, telah dijelaskan bahwa terjadi Pasar Monopoli apabila semua hasil industri di produksi dan dijual hanya oleh satu perusahaan saja. Maka perusahaan itu disebut juga monopolis atau Perusahaan Monopoli, yang memproduksi dan menjual satu barang dan barang itu tidak ada penggantinya.

Nah daripada penasaran tentang apa itu Pasar Monopoli?, bagaimana Ciri – Ciri, dan Contohnya. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini, jangan lupa tetap ikuti terus update terbaru dari Pensil Aisyah. Selamat membaca!

Pengertian Pasar Monopoli

Pasar Monopoli
Pasar Monopoli
Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Pasar Monopoli, lebih baik kita mengerti tentang pengertian Pasar Monopoli ini. Menurut bahasa, Monopoli berasal dari bahasa Yunani yaitu Mono yang artinya Satu, dan Polist yang artinya penjual. Jadi maksud Monopoli adalah hanya ada satu penjual yang menjual satu barang, dan tidak ada yang menirunya.

Pasar Monopoli ini merupakan suatu bentuk antara interaksi dan penawaran, yang biasanya hanya ada satu produsen yang melayani banyak sekali konsumen. Misalnya adalah hanya ada satu produsen gas di suatu kota besar maka itu bisa disebut Monopoli.

Ciri – Ciri Pasar Monopoli

Pasar Monopoli
Pasar Monopoli
Setelah mengetahui tentang pengertian Pasar Monopoli, selanjutnya kita akan membahas tentang Ciri – Ciri Pasar Monopoli. Sebuah pasar bisa disebut sebagai Pasar Monopoli jika memenuhi beberapa ciri – ciri berikut ini:

Hanya Ada Satu Penjual

Perlu ditekankan bahwa di dalam sebuah Pasar Monopoli hanya ada satu penjual saja, sehingga harga dari barang tersebut langsung ditentukan oleh penjual tanpa harus terpengaruh oleh pembeli. Sehingga fungsi dari penjual tersebut adalah sebagai penentu harga.

Ada Banyak Pembeli, dan Produk Hanya Ada Di Tempat Tersebut

Maksudnya adalah didalam sebuah pasar terdapat banyak sekali pembeli dan hanya ada satu produsen, dan barang yang di butuhkan hanya terdapat di tempat tersebut.

Contoh Pasar Monopoli

Pasar Monopoli
Pasar Monopoli
Untuk Pasar Monopoli sendiri dapat dibedakan menjadi dua bentuk, Yaitu :

Pasar Monopoli Murni atau Asli atau Pure Monopoli

ini merupakan bentuk pasar yang sangat ekstrim dan tidak ada yang mampu menyaingi. Di Indonesia sendiri ada beberapa contoh seperti : PT. KAI, PLN, dan PAM.

Pasar Near Monopoly atau Mendekati Pasar Monopoli

Pasar Near Monopoly, merupakan pasar yang hampir mendekati Pasar Monopoli. Bisa dikatakan sebagai Pasar Near Monopoly jika didalamnya hanya terdiri dari satu orang pengusaha atau single producer.

Itu lah dia tentang Pasar Monopoli : Pengertian, Ciri – Ciri, Dan Contohnya [TERLENGKAP 2019], semoga dengan adanya artikel ini semakin menambah wawasan anda untuk lebih mengenal tentang Pasar Monopoli. Jangan lupa ikuti terus update terbaru dari Pensil Aisyah.

Pasar Monopoli : Pengertian, Ciri – Ciri, Dan Contohnya [TERLENGKAP 2019]

LihatTutupKomentar