Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahi Serta Dampak Positif dan Negatif

Hallo sahabat Sejuta Informasi Kita, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahi Serta Dampak Positif dan Negatif, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel GENERAL, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Pengertian Globalisasi – Kata Globalisasi mungkin sudah tidak luar di telinga kita, tentunya istilah satu ini sudah seperti itu melekat di telinga Anda. Sebab saat ini Anda telah berada di dalamnya, seperti itu pula dengan orang-orang yang terdapat di antara Anda. Secara harfiah globalisasi merupakan zaman yang membentuk sebuah sistem dengan melibatkan masyarakat dari seluruh penjuru dunia.

Sehingga sistem memungkinkan terjadi pola hubungan dari masyarakat sebuah negara dengan masyarakat dari negara-negara lain. supaya bisa lebih memahami dengan jelas terkait zaman dunia ini, berikut beberapa informasi berharga mengenai beberapa pengertian globalisasi berdasarkan para pakar yang bisa Anda pelajari.

Pengertian Globalisasi

pengertian globalisasi
pengertian globalisasi


Secara etimologi, Globalisasi datang dari bahasa inggris yaitu dunia yang berarti universal dan liztion yang berarti proses. Sehingga arti globalisasi merupakan sebuah proses yang terjadi secara universal (global). Proses tersebut terjadi dengan tidak adanya batasan-batasan negara ataupun dengan kata beda proses tersebut terjadi secara mendunia. Sementara itu beberapa pakar pun menuturkan pendapatnya terkait proses mendunia ini.

Pengertian Globalisasi berdasarkan Para Ahli


Pengertian Globalisasi Berdasarkan Friedman, pengertian globalisasi merupakan sebuah dimensi yang secara teknologi bisa menyatukan masyarakat dari segala penjuru dunia. terus secara ideologi, dimensi ini bisa memicu timbulnya istilah “pasar bebas”. Contoh globalisasi yang mengakibatkan pasar bebas ini merupakan jual-beli barang secara online oleh masyarakat dari bermacam negara di dunia.

Pengertian Globalisasi L. Nyeman menjelaskan bahwa pengertian globalisasi merupakan sebuah proses pertumbuhan yang berlangsung dengan cepat. Proses ini terjadi efek adanya hubungan dan ketergantungan dari negara-negara yang terdapat di dunia, terutama pada hal keuangan ataupun perdagangan. kemudian Scholte menambahkan bawah di samping ketergantungan tersebut, setiap negara tentu berusaha mempertahankan identitasnya pada mengikuti proses yang terjadi.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, bisa disimpulkan bahwa pengertian globalisasi berdasarkan para pakar merupakan sebuah dimensi yang berlangsung dengan lekas dan melibatkan seluruh negara-negara di dunia. Dimensi tersebut memungkinkan terjadinya hubungan tanpa batas. kecuali itu, pada hubungan yang terjadi setiap negara tentu awet mempertahankan identitasnya masing-masing.

Dimensi sebagai mana dimaksudkan di atas telah mengakibatkan beberapa pengaruh bagi negara-negara yang terlibat di dalamnya. Pengaruh tersebut terdapat yang terjadi pada segi politik, ekonomi, budaya, sosial, dan pun segi ekologi. contohnya pada segi ekonomi, pengaruh globalisasi telah mengakibatkan terjadinya pasar bebas. Pasar bebas yang dimaksud merupakan sebuah keadaan perdagangan barang dari suatu negara ke negara beda bisa diusahakan secara “bebas”.

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi


Di samping itu, globalisasi mempunyai akibat tersendiri bagi kehidupan manusia. akibat globalisasi tersebut adanya bersifat positif dan terdapat pula yang negatif. Positifnya, masyarakat bisa berkomunikasi secara “bebas” dengan warga negara lain. contohnya menghubungi anak buah keluarga yang tinggal di negara tetangga menggunakan telepon. kecuali itu, masyarakat pun bisa menikmati bermacam macam produk dari negara-negara lain.

Kemudian akibat negatif globalisasi merupakan Anda bisa terpengaruh oleh budaya-budaya luar yang belum pasti baik bagi kehidupan Anda sendiri. Hal ini bisa saja terjadi karena pada tahap dunia ini Anda bisa dengan mudah mengakses dan mempelajari budaya-budaya masyarakat luar negeri. Oleh sebab itu, butuh usaha pemilahan (filter) terhadap budaya-budaya yang hendak Anda pelajari tersebut. Sehingga Anda bisa awet merasakan akibat positif globalisasi bagi kehidupan Anda.

Itulah tadi beberapa akibat positif dan negatif globalisasi yang bisa diketahui. Mudah-mudah tahap (zaman) dunia ini bisa menghadiahkan akibat positif bagi Anda. Demikianlah informasi seputar pengertian globalisasi, pengaruh, serta dampaknya. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat pada menambah wawasan keilmuan Anda.

LihatTutupKomentar