Sistem Ekonomi: Pengertian, Fungsi, Dan Ciri – Ciri (Terlengkap 2019!)

Hallo sahabat Sejuta Informasi Kita, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sistem Ekonomi: Pengertian, Fungsi, Dan Ciri – Ciri (Terlengkap 2019!), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel GENERAL, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.


Sistem Ekonomi – Apakah kalian semua tahu tentang Sistem Ekonomi? Sistem ekonomi mempunyai pengertian yaitu suatu cara untuk mengatur dan mengorganisasi seluruh kegiatan perekonomian dalam suatu masyarakat yang dilakukan oleh para pemerintah atau pihak swasta yang berlandaskan prinsip tertentu untuk meraih kemakmuran dan kesejahteraan bersama.

Sistem Ekonomi
Sistem Ekonomi
Nah itulah pengertian singkat tentang Sistem Ekonomi, untuk penjelasan lebih lanjut tentang Sistem Ekonomi mari kita simak bersama artikel dibawah ini. Selamat membaca!.

Pengertian Sistem Ekonomi Menurut Para Ahli

Sistem Ekonomi
Sistem Ekonomi
Setelah kita mengetahui tentang Pengertian Sistem Ekonomi secara umum, kita mungkin masih bingung tentang sistem ekonomi. Nah maka dari itu ada beberapa ahli yang mendefinisikan tentang Pengertian Sistem Ekonomi, mari kita simak bersama.

Gilarso (1992: 486) :

Sistem Ekonomi adalah suatu tata cara untuk bisa mengoordinasikan semua perilaku masyarakat (para produsen, konsumen, pemerintah, bank, dan sebagainya) dalam menjalankan seluruh kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, investasi, dan sebagainya) sehingga bisa membentuk suatu kesatuan yang sangat teratur dan dinamis, dan kekacauan dapat dihindari.

Gregory Grossman dan M. Manu :

Sistem Ekonomi merupakan suatu kumpulan dari komponen yang terdiri dari atas agen ekonomi, dan juga lembaga di bidang ekonomi yang bukan saja saling berhubungan satu sama lain melainkan juga sampai suatu tingkat tertentu yang saling menopang dan mempengaruhi satu sama lain.

Fungsi Sistem Ekonomi

Sistem Ekonomi
Sistem Ekonomi
Setelah mengetahui tentang Pengertian Sistem Ekonomi, tentunya kita juga harus mengetahui tentang Fungsi Sistem Ekonomi. Sistem Ekonomi memiliki banyak fungsi yang sangat vital bagi perekonomian suatu negara di seluruh dunia. Berikut ini fungsinya :
  1. Sebagai penyedia bantuan untuk suatu organisasi memproduksi atau menghasilkan sesuatu.
  2. Untuk mengkoordinasi suatu kegiatan individu dalam suatu perekonomian.
  3. Selanjutnya adalah sebagai pengatur dalam hal pembagian hasil produksi di seluruh anggota masyarakat, agar bisa terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.
  4. Menciptakan suatu mekanisme tertentu agar distribusi barang dan jasa bisa berjalan lebih baik ke seluruh masyarakat.

Ciri – Ciri Sistem Ekonomi


Sistem Ekonomi
Sistem Ekonomi
Untuk Ciri – Ciri Sistem Ekonomi di ambil berdasarkan Sistem Ekonomi yang di anut atau digunakan oleh beberapa negara, Sistem Ekonomi tersebut dibagi menjadi dua yaitu : Sistem Ekonomi Tradisional, Sistem Ekonomi Terpusat/Komando (Sosialis)

Untuk ciri – ciri dari masing – masing Sistem Ekonomi tersebut adalah sebagai berikut :

Sistem Ekonomi Tradisional

  1. Adapun, ciri-ciri sistem ekonomi tradisional sebagai berikut ini:
  2. Masih bergantung kepada sektor pertanian atau agraris
  3. Belum adanya pembagian lapangan kerja yang jelas
  4. Masih memiliki ikatan tradisi yang sifatnya kekeluargaan, sehingga sistem ekonomi tradisional ini bersifat kurang dinamis.
  5. Masih menggunakan teknologi produksi yang sangat sederhana atau apa adanya.

Sistem Ekonomi Terpusat/Komando (Sosialis)

  1. Ciri-ciri sistem ekonomi terpusat:
  2. Seluruh kegiatan perekonomian di negara tersebut diatur dan ditetapkan oleh pemerintah baik dari sistem produksi, distribusi, dan konsumsi serta penepatan harga jualnya.
  3. Tidak mempunyai kebebabasan dalam urusan berusaha. Karena, hak milik perorangan atau swasta tidak di akui oleh pemerintah.
  4. Seluruh alat-alat yang digunakan untuk melakukan produksi dikuasai oleh negara tersebut.

Nah itu dia tentang Sistem Ekonomi: Pengertian, Fungsi, Dan Ciri – Ciri (Terlengkap 2019!), jangan ikuti terus update terbaru dari Pensil Aisyah. Semoga bermanfaat!.

Sistem Ekonomi


LihatTutupKomentar