Fermentasi Pakan Kambing Hemat Dan Berkualitas Untuk Penggemukan Kambing

Hallo sahabat Sejuta Informasi Kita, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Fermentasi Pakan Kambing Hemat Dan Berkualitas Untuk Penggemukan Kambing, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pakan Kambing 2018, Artikel Pakan Kambing Fermentasi, Artikel Pakan Kambing Modern, Artikel Pakan Kambing Penggemukan, Artikel Ternak Kambing, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Fermentasi Pakan Kambing

Fermentasipakan kambing sudah banyak digunakan oleh para peternak yang ada di Indonesia, mulai dari mereka yang sudah berpengalaman hingga mereka yang baru memulai membudidayakan kambing. Memang pakan kambing fermentasi ini sangat bagus diberikan kepada kambing jenis apa saja, mulai dari kambing lokal/kacang hingga kambing PE atau Etawa, jadi memang disini saya anjurkan untuk mengganti pakan konvensional kambing yang berupa dedaunan menjadi pakan kambing yang telah difermentasi supaya menghemat waktu dan biaya.Memang pada jaman yang sudah sangat modern ini seharusnya harus adanya inovasi terhadap pakan kambing agar memudahkan para peternak dalam merawat hewan peliharaannya, jadi kehadiran fermentasi pakan kambing ini merupakan sebuah jawaban tepat untuk mengatasi hal tersebut.
Fermentasi Pakan Kambing
Dengan pakan fermentasi para peternak tidak perlu repot untuk memberi pakan ternaknya dengan rerumputan atau dedaunan, baik yang diperolah dengan cara mencari diladang atatupun membeli, jadi pakan fermentasi akan sangat membantu para peternak karena akan meminimalisir biaya dan juga waktu. Selain itu pakan fermentasi ini lebih berkualitas dibandingkan dengan pakan hijauan, pakan fermentasi lebih banyak memiliki kandungan gizi yang lengkap, untuk itu sangat cocok untuk penggemukan gambing, untuk belajar cara menggemukkan kambing dengan cepat sobat bisa membuka ulasan “Penggemukan Kambing Sangat Efektif, Cepat, Dan Paling Irit”.
Hasil Fermentasi Pakan Kambing
Jadi pakan fermentasi yang kaya akan gizi ini merupakan salah satu senjata ampuh untuk menunjangnya kesuksesan didalam usaha budidaya kambing baik penggemukan atau pembesaran. Untuk sukses ini tentunya bukan dari jenis pakan saja, namun juga banyak hal yang mempengaruhi, mulai dari lokasi kandang yang baik hingga cara pemberian pakan dan minum hingga pengobatan jika kambing terkena penyakit.

Pakan yang sudah berinovasi seperti ini tentunya sangat bermanfaat bagi para peternak, baik peternak dalam skala kecil maupun untuk peternak berskala besar, pakan fermentasi dibuat dari bahan yang murah dan juga mudah untuk didapatkan, dan semua bahan tersebut akan menjadi berkualitas dan bergizi jika hanya diberikan cairan Biostarter yang sangat banyak didapatkan ditoko-toko pakan ternak terdekat rumah Kita. Nilai lebih dari penggunaan pakan fermesntasi ini sangat banyak, seperti proses penggemukan binatang ternak akan lebih cepat, hasil daging ternak akan rendah kolesterol, faces yang dikeluarkan binatang ternak akan berkualitas jika digunakan untuk pupuk tanaman, dan tentunya masih banyak sekali manfaat yang didapatkan dari penggunaan fermentasi pakan kambing.
Proses pembuatan pakan Kambing fermentasi sangatlah muda dan juga lebih menghmat waktu dan biaya, pakan berinovasi ini juga bisa dibuat dari bahan-bahan limbah organik yang sangat mudah didapat seperti : ampas singkong, ampas kedelai, jerami, tebon kering, kulit kopi, bekatul, dedak, gedebog pisang, bungkil kelapa, rumput kering, dan masih banyak bahan organik lainnya yang bisa gunakan untuk membuat pakan fermentasi Kambing.

Jadi pada intinya, proses fermentasi ini akan menghasilkan pakan yang berkualitas dengan gizi tinggi dengan hanya menggunakan Starbio atau EM4 yang dicampurkan dengan bahan-bahan organik seperti gedebog pisang, jerami, bungkil kelapa, ampas singkong, ampas tahu, rumput kering dll. Fermentasi ini sangat bagus untuk pakan utama kambing, dan bahkan sangat bagus untuk pakan penggemukan kambing. Jelas bila bahan organik diatas diberikan langsung untuk pakan kambing maka tentunya sangat buruk untuk gizi kambing itu sendiri, namun lain ceritanya ika sudah dicampur dengan Starbio atau EM4. Jika mengkonsumsi pakan seperti ini setiap harinya maka kambing pada umumnya akan mengalami kenaikan bobot tubuhnya antara 2 sampai dengan 4 kilo setiap 10 hari, jadi sangat istimewa bila pakan ini digunakan sebagai pakan penggemukan kambing.
Fermentasi Pakan Kambing 2018
Memang sangat efektif bila sobat menyediakan pakan organik sebanyak-banyaknya pada saat musim hujan karena pada musim ini akan banyak rumput hijau yang tumbuh subur dan siap dipanen. Jika stok bahan organik sudah banyak tentunya sobat tidak kualahan saat menghadapi musim kemarau yang notabennya tidak ada rumput yang hijau, jadi pasa musim kemaru ini bahan-bahan organik ini bisa digunakan untuk bahan utama membuat pakan fermentasi agar bahan organik kering memiliki kandungan gizi kambing yang sempurna. Beberapa keunggulan dari pemakaian pakan hasil fermentasi untuk kambing adalah sebagai berikut :
  • Pakan fermentasi mudah dicerna maka akan bagus untuk sistim pencernaan kambing.
  • Meningkatkan nafsu makan kambing.
  • Akan menambah hasil susu kambing jika diberikan pada kambing etawa.
  • Mampu menambah daging kambing dengan waktu yang singkat.
  • Hasil daging kambing akan rendah kolesterol, karena mengkonsumsi pakan fermentasi.
  • Kambing akan selalu prima dan lebih tahan terhadap beberapa serangan panyakit.
  • Faces kambing tidak berbau menyengat seperti kambing yang makan dedaunan.
  • Faces juga akan lebih sedikit karena makanan langsung diserap oleh tubuh kambing.
Dengan demikian maka para peternak kambing akan lebih mudah mendapatkan pakan berkualitas dengan berbagai macam keunggulan yang beberapa diantaranya dalah seperti yang saya sebutkan diatas. Jika demikian apakah sobat mitra tani tertarik untuk menggunakan fermentasi pakan kambing tersebut? Jika sobat mitra tani tertarik untuk menggunakannya maka akan saya jelaskan lebih jelas tentang cara pembuatan yang baik dan benar agar hasil pakan lebih berkulaitas.

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi

Sebenarnya dalam pembuatan pakan kambing fermentasi tidaklah sulit, justru proses ini sangatlah mudah dan tidak memakan banyak waktu. Jadi menurut saya sebaiknya Sobat Mitra Tani menggunakan pakan fermentasi untuk makanan sehari hari kambing Sobat. Dan untuk pakan tambahan sobat dapat menggunakan pakan hijauan/rumput karena pakan ini bisa didapat pada saat musim penghujan saja.

Pakan berkualitas sangat bagus untuk penggemukan kambing, sangat lebih berkualitas lagi jika diberikan juga minuman yang berkualitas dengan cara membuat Biostarter turunan. Jadi memang pada intinya dalam cara pemberian pakan dan minuman kambing ini dianjurkan untuk yang paling berkualitas agar jebutuhan nutrisi tubuh kambing terpenuhi, dengan begini maka akan semakin mudah dalam pembentukan daging. Tidak perlu panjang lebar berikut dibawah ini adalah langkah-langkah untuk membuat pakan kambing fermentasi.

Bahan-bahan wajib yang harus dibutuhkan :
  • 1 Botol Biostarter (Bisa dibeli ditoko pakan ternak terdekat rumah Anda).
  • Bahan-bahan organik yang mudah didapat tanpa harus dengan membelinya seperti : jerami, gedebog pisang, tebon, rumput, daun tebu, ampas tahu, ampas kelapa, dan bahan lain yang bisa didapatkan dengan mudah lainnya.
  • Tetes untuk ternak (tetes tebu), jika tidak ada bisa diganti dengan air gula pasir.
  • Buah Nanas yang sudah diparut (gunakan 1 buah saja).
  • Air bersih, lebih baik menggunakan air sumur agar lebih aman dari bahan kimia.
  • Wadah untuk proses fermentasi (bisa menggunakan drum bekas dengan penutup/bak tembok dengan penutup rapat). 

Langkah-langkah membuat pakan fermentasi dengan benar :
  • Bahan-bahan organik diatas dipotong kecil-kecil terlebih dahulu agar mudah untuk proses fermentasi.
  • Setelah bahan organik dipotong maka selanjutnya diemur sampai kering
  • Jika bahan sudah benar-benar kering maka selanjutnya dimasukkan kedalam wadah/drum untuk proses fermentasi.
  • Masukkan Biostarter secukupnya karena tidak ada takaran khusus untuk ini, jadi sobat dapat memberikan takaran kira-kira menyesuaikan banyak tidaknya bahan organik yang akan difermentasi.
  • Masukkan parutan buah nanas dan tetes tebu/air gula.
  • Tutup rapat wadah fermentasi dan jangan buka sebelum 3 hari, setelah 3 hari maka pakan fermentasi siap disjikan untuk Kambing.



Saya rasa sudah lengkap tentang cara fermentasi pakan kambing, prosesnya sangat mudah dan tidak memakan waktu, biaya yang dikeluarkannya juga sangat murah dan tidak sebanding dengan pakan yang dihasilkannya karena pakan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi. Pakan hasil fermentasi ini bisa diberikan untuk pakan pagi dan sore, untuk siang hari bisa diberikan pakan tambahan konsentrat agar proses penggemukan lebih cepat. Pemberian konsentrat hanya 3kg saa untuk setiap kambingnya agar tidak memakan banyak biaya. Sekian pembehasan tentang pakan kambing fermentasi ini, semoga sobat selalu Sukses dalam berternak kambing. Salam Sukses Mitra Tani!!

LihatTutupKomentar